Image of BAZNAS, Sebuah Perjalanan Kebangkitan Zakat

Text

BAZNAS, Sebuah Perjalanan Kebangkitan Zakat



Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menginisiasi penyusunan buku sejarah BAZNAS berjudul 20 Tahun BAZNAS; Sebuah Perjalanan Kebangkitan Zakat. Buku ini diharapkan dapat menjadi materi atau rujukan bagi organisasi pengelola zakat dan masyarakat umum dalam pengelolaan zakat di Indonesia sesuai kaidah syariat Islam.

Karya dengan kemasan bahasa populer dan berbasis data ini memiliki peran strategis dalam media sosialisasi dan pengarahan kepada umat untuk senantiasa meningkatkan ketakwaan, khususnya melaksanakan perintah kewajiban zakat. Dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat disebutkan bahwa salah satu asas pengelolaan zakat adalah berasaskan syariat Islam.

Dengan hadirnya buku ini, semoga dapat menjawab permintaan dan kebutuhan BAZNAS Pusat, BAZNAS Provinsi, BAZNAS Kabupaten/Kota dan lembaga amil zakat (LAZ) dalam melengkapi dokumentasi sejarah perzakatan di tanah air.

Buku ini diharapkan juga dapat memperkaya referensi masyarakat sehingga bisa semakin menggelorakan spirit kebangkitan zakat. Selain itu, untuk mendakwahkan zakat sebagai rukun Islam yang memiliki peran strategis dalam pembangunan perekonomian umat. Selanjutnya, hadirnya buku ini tak lain sebagai media mengajak umat agar berzakat melalui lembaga zakat resmi yang telah disahkan oleh pemerintah.

Zakat merupakan kewajiban yang dikenakan terhadap harta benda yang dimiliki oleh setiap muslim yang telah memenuhi nisab dan haul. Dari satu segi, zakat adalah ibadah, sedangkan dari segi lain merupakan kewajiban sosial. Bila kita melihat pandangan Islam mengenai ibadah dan masalah sosial, kita katakan bahwa zakat merupakan kewajiban sosial yang bersifat ibadah sehingga dinamakan zakat. Zakat berarti pensucian dan peningkatan. Ia adalah pensucian terhadap hati nurani dan penunaian kewajiban yang telah ditetapkan.

Sebagai negara berpenduduk mayoritas muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi zakat yang besar pula. Setiap tahun, pengumpulan zakat terus mengalami peningkatan, termasuk yang dilakukan BAZNAS.

Alhamdulillah, penjabaran dan capaian-capaian luar biasa yang tertuang dalam rencana strategis sudah bisa diraih. Secara umum, renstra BAZNAS tercapai, bahkan terlampaui. Dari sisi pengumpulan tercapai, dari sisi pendistribusian dan pendayagunaan juga tercapai. Kemudian dari sisi koordinasi zakat nasional juga tercapai.

Amatlah mungkin ada hal-hal kecil yang tidak signifikan belum tercapai. Akan tetapi, secara garis besar, hal-hal yang penting sudah tercapai. Alhamdulillah, dengan kerja keras, penuh keikhlasan dan semangat kebersamaan segenap Anggota, direksi, amil BAZNAS, semua bisa dicapai.

Rangkuman capaian selama 20 tahun di atas tercatat dalam buku ini. Selamat membaca, semoga kehadiran buku ini bermanfaat untuk kebangkitan zakat dan kemaslahatan umat.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
Sejarah
Penerbit PUSKAS BAZNAS : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xviii + 378h.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Sejarah
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
I
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this