Image of Ekonomi Kurban

Text

Ekonomi Kurban



“Ekonomi Kurban” adalah tema yang dipilih pada buku ini. Buku ini menggambarkan tentang bagaimana keterkaitan antara praktek ibadah kurban dan konsep dan praktek sosial, ekonomi, dan manajemen. Pada satu sisi, kurban merupakan sebuah instrumen penghambaan seorang muslim kepada Tuhannya (Allah SWT) yang beririsan langsung dengan sektor ekonomi ummat sekaligus berdampak sosial. kurban mempunyai tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan memberikan keadilan bagi mustadháfin atau orang-orang lemah, rentan serta terpinggirkan. Sementara di sisi lain, belum terdapat literatur yang secara langsung dan teringkas menjadi satu yang membahas kaitan antara kurban dan sosial, ekonomi, dan manajemen.

Secara sekilas, kurban telah mampu memberikan dampak kesejahteraan kepada masyarakat meskipun hanya setahun sekali. Pertanyaannya apakah benar kurban tersebut memberikan dampak yang signikan terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat? Apakah kita sudah cukup puas jika kurban hanya dapat memberikan dampak kesejahteraan sekali dalam setahun? Apakah pemerintah sudah cukup baik dalam mengawal pelaksanaan kurban? Apakah masuknya perekonomian ke dalam era ekonomi digital mempengaruhi praktek ekonomi kurban? Apakah rantai pasokan ternak kita sudah baik sehingga pelaksanaan kurban kita baik? Apakah kurban sendiri dapat mendukung ekonomi Islam? dan
pertanyaan-pertanyaan relevan lainnya yang berkaitan dengan kurban.

Melalui buku ini telah ditunjukkan berbagai jawaban terkait posisi, relasi, dan relevansi antara kurban dan kondisi sosial ekonomi kita. Hemat kami, kurban sangatlah penting dalam mewujudkan kesejahteraan nasional. Perhatian terhadap kurban oleh pemerintah dan seluruh elemen masyarakat adalah hal yang perlu ditingkatkan. Ide-ide serta eksekusi untuk mewujudkan pelaksanaan kurban yang lebih baik merupakan hal yang menjadi harapan kita semua.

Dengan buku ini semoga dapat memberikan wawasan bagi perkembangan kurban di Indonesia. Selain itu buku ini juga dapat menginspirasi diskusi dan diskursus pada tema serupa. Tak ada gading yang tak retak, kami terbuka menerima masukan, saran, kritik untuk perbaikan konstruktif kajian ini dan kurban di Indonesia pada umumnya.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
2x6.3
Penerbit BAZNAS : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
ix + 168 hal.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2x6.3
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Pertama
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this