Image of Mengantar Mustahik Menjadi Muzakki

Text

Mengantar Mustahik Menjadi Muzakki



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillaahirrabbil ‘alaamiin, segala puji bagi Allah SWT. Shalawat serta salam mari kita sampaikan juga kepada Rasulullah Muhammad SAW yang telah menjadi perantara cahaya Islam yang telah menerangi umat manusia hingga saat ini.

Pada tahun 2020 ini, Indonesia memperingati hari kemerdekaan ke-75 dengan spirit “Indonesia Maju” yang mengedepankan kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia. Peningkatkan kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi tentunya menjadi fokus penting yang dilakukan pemerintah Indonesia. Hal ini selain dapat dicapai dengan melaksanakan program-program yang diberikan oleh pemerintah melalui kementeriannya, juga dapat dilakukan melalui program-program yang didukung oleh dana-dana sosial keagamaan, seperti dana zakat.

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) sebagai lembaga yang diamanahkan oleh Undang-Undang Nomor 23 tahun 2011 untuk melakukan pengelolaan dana zakat guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan, juga mendukung untuk dapat mencapai kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi sebagaimana tujuan hari kemerdekaan Indonesia ke-75. Adapun kegiatan yang dilakukan BAZNAS untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat kepada para mustahik.

BAZNAS telah melakukan aneka program pendayagunaan zakat kepada masyarakat melalui 4 (empat) lembaga program, yaitu: Zakat Community Development (ZCD), Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM), BAZNAS Microfinance (BMFi), dan Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM). Melalui program pemberdayaan masyarakat ini, BAZNAS berharap mampu menciptakan sumber daya manusia unggul dan potensial, dengan peningkatan kualitas di berbagai bidang kehidupan seperti pendidikan, kesehatan, social kemanusian, ekonomi, dan dakwah sehingga dapat memoderasi tingkat kemiskinan dan meminimalkan kesenjangan sosial.

Buku ini berisi kisah kemajuan masyarakat melalui pendayagunaan zakat yang dilakukan oleh BAZNAS. Buku ini menyajikan kisah perjuangan mustahik dan pendamping dalam aktivitas pemberdayaan masyarakat melalui berbagai aspek, di antaranya kisah pemberdayaan kota yang berbasis ritel mikro, ketahanan dan kedaulatan pangan berkelanjutan, pemberdayaan mustahik berbasis kelompok dan usaha kreatif, pengembangan masyarakat berbasis wilayah, pemberdayaan masyarakat ternak, dan praktik keberhasilan microfinance non profit.

Buku yang diberi judul “Mengantar Mustahik Menjadi Muzakki” ini bertujuan untuk menyebarluaskan syiar peran zakat untuk kemajuan masyarakat kepada publik secara lebih luas. Dari buku ini, pembaca dapat meresapi bagaimana aktivitas pendayagunaan zakat mampu mengangkat mustahik menjadi berdaya. Selain itu, pembaca juga dapat mengetahui bagaimana kisah-kisah pendampingan yang dilakukan oleh BAZNAS.

Semoga dengan hadirnya buku ini, akan lebih banyak masyarakat yang peduli kepada mereka yang membutuhkan dan semakin memperluas syiar peran zakat di Indonesia. Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakatuh

Jakarta, 14 Agustus 2020
Prof. Dr. H. Bambang Sudibyo, MBA, CA


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Badan Amil Zakat Nasional : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xii + 314 hlm.; A5
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-623-61406-8
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cetakan I
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this