Image of Index Desa Zakat

Text

Index Desa Zakat



Indeks Desa Zakat atau disingkat dengan IDZ merupakan sebuah alat mekanisme yang digunakan untuk mengukur (assessment) kondisi sebuah desa sehingga dapat dikatakan layak atau tidak layak dibantu oleh dana zakat. Oleh karena itu Indeks Desa Zakat ini juga dapat digunakan sebagai alat monitoring dan evaluasi atas proses pengelolaan zakat di suatu desa. Indeks Desa Zakat disusun berdasarkan prinsip Process–Oriented yang dapat digunakan oleh organisasi pengelola zakat untuk melihat perkembangan programnya pada proses yang berlangsung. Sehingga penyusunan Indeks Desa Zakat ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi organisasi pengelola zakat yang akan atau sedang melaksanakan program pemberdayaan berbasis desa atau komunitas tertentu agar lebih terukur dan integral dalam pengelolaannya.

Indeks Desa Zakat disusun sebagai komposit indeks yang berarti tersusun dari indeks-indeks di setiap komponennya. Penyusunan IDZ dilakukan dengan menggunakan penelitian berbasis Mixed Methods, yaitu sebuah metodologi penelitian yang mengintegrasikan metode kuantitatif dan kualitatif. Dalam kajian ini metode kualitatif digunakan dalam menyusun komponen pembentuk Indeks Zakat Nasional, sedangkan metode kuantitatif digunakan dalam membentuk model estimasi penghitungannya. Dalam proses memnentukan komponen-komponen IDZ, tim peneliti Puskas mengeskplorasi indeks-indeks serupa, melalui hasil-hasil kajian sebelumnya yang terkait, dan berdiskusi dengan para ahli di bidangnya. Dari komponen IDZ kemudian ditetapkan bersama dengan pemberian bobot atas masing-masing komponen di dalamnya dengan mekanisme Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terarah) dan kriteria expert judgment (Penilaian Para Ahli).

Komponen-komponen pembentuk IDZ terdiri dari 5 dimensi yaitu Ekonomi, Kesehatan, Pendidikan, Sosial dan Kemanusiaan, dan Dakwah. Dari masing-masing dimensi diturunkan lagi menjadi 15 variabel dan 39 indikator dengan bobot kontribusinya. Pembobotan yang dimaksud tersebut dapat dilihat pada bagan 1.

Teknik estimasi penghitungan untuk memperoleh nilai IDZ menggunakan metode Multi-Stage Weighted Index. Metode ini menggabungkan setiap tahap pembobotan di masing-masing komponen penyusun indeks. Sehingga pembobotan harus dilakukan secara bertahap dan bersifat prosedural.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Index Desa Zakat; Dari Desa untuk Zakat yang Terukur dan Berkemajuan
No. Panggil
-
Penerbit PUSKAS BAZNAS : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xix + 16 halaman; 21cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-60689-4-1
Klasifikasi
Index Desa zakat
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
volume
Edisi
I
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

JudulEdisiBahasa
Apostasy Vulnerability Index: Concept and Measurement ImplementationIen

Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this