Image of Statistik Zakat Nasional 2016

Text

Statistik Zakat Nasional 2016



Buku statistik ini merupakan cetakan kedua (v.2) dengan target adalah masyarakat umum agar memperoleh informasi tentang pengelolaan zakat secara nasional. Data pada buku ini untuk segmen BAZNAS sudah menggunakan data yang diambil dari laporan keuangan BAZNAS yang sudah diaudit oleh kantor akuntan publik (KAP) beropini wajar tanpa pengecualian (WTP).

Untuk tahun-tahun kedepannya akan diupayakan untuk menggunakan juga laporan keuangan audited milik BAZNAS provinsi, BAZNAS kabupaten/kota, dan LAZ. Selain itu di dalam buku ini data tahun 2015 yang disajikan untuk LAZ masih mengikutsertakan BUMN yang masih berijin LAZ (LAZ BUMN) sementara di tahun 2016 LAZ BUMN tidak lagi diperhitungkan. Inilah yang menyebabkan terjadinya penurunan angka pada segmen LAZ.

Pendekatan ekstrapolasi masih tetap digunakan agar data yang disajikan cukup menggambarkan pendekatan pengelolaan zakat secara nasional dengan jumlah BAZNAS provinsi dan kabupaten/kota masing-masing adalah 34 dan 514, sementara untuk LAZ nasional, provinsi, dan kabupaten/kota masing-masing adalah berjumlah 16, 9, dan 11. Di tahun 2016 ini metode statistik dengan pendekatan ekstrapolasi sudah memisahkan antara BAZNAS provinsi, BAZNAS kabupaten/kota, dan LAZ. Hal ini berbeda dengan tahun 2015 lalu yang masih menggunakan asumsi BAZNAS provinsi dan BAZNAS kab/kota adalah homogen.

Metode perhitungan statistik ini terus menerus diperbaiki setiap tahunnya sehingga terus memperoleh data yang lebih baik dan representatif. Konsistensi terhadap penyajian data masih mempertahankan keseragaman template dengan Buku Statistik Zakat Nasional tahun 2015, namun ditambahkan adanya perbandingan setahun ke belakang yaitu dengan tahun 2015. Di tahun-tahun selanjutnya akan diperbandingkan juga dengan tahun-tahun sebelumnya agar dapat dilihat trend yang dihasilkan di setiap informasi yang disajikan.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Statistik Zakat Nasional 2016
No. Panggil
-
Penerbit Divisi IT & Pelaporan - BAZNAS : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
viii + 69 halaman; 21cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Referensi
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
volume
Edisi
I
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

JudulEdisiBahasa
Statistik Zakat Nasional 2017Iid
Statistik Zakat Nasional 2015Iid

Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this